topbella

Selasa, 30 April 2013

Mitologi Yunani


Kenalan Dulu Sama Dewa Yunani  \/(^_^)\/


    • Zeus : Zeus diyakini sebagai pemimpin para dewa.bertahta disebuah gunung yang disebut Gunung Olympus. menikah dengan adik perempuannya yaitu Hera(Dewi Pernikahan).Zeus membagi dunia menjadi tiga bagian. sebagian dunia berada dalam kekuasaannya,dua bagian lainnya diserahkan pada kedua saudaranya,yakni Possaidon(Dewa penguasa Lautan) dan Hades(Dewa Penguasa Alam Kematian).
    • Hera : Hera diyakini sebagai Dewi Pernikahan yang mempunyai sifat keagungan dan penuh hikmat.dari pernikahannya dengan Zeus,Hera memiliki beberapa anak yaitu Ares,Hebe(Dewi Kaum Muda),Eris(Dewi Perselisihan),dan Eileithya(Dewi Kelahiran).
    • Poseidon : Diyakini sebagai Dewa Penguasa Lautan.Poseidon bertugas mengatur lautan dengan semua keajaiban yang ada didalamnya.menurut keyakinan masyarakat yunani,kondisi laut yang temperamental,serta penuh dengan ombak dan badai,meruakan kejadian yang memang diatur oleh Poseidon.ia memiliki senjata berupa trisula yang diidentikan dengan gelombang pasang.
    • Ares : Dikenal sebagai dewa Perang,sedangkan dalam mitologi Romawi dikenal sebagai Dewa Mars.Ares diyakini memiliki dua pengawal yaitu Phobos dan Deimos.dalam lagenda Perang Troya,Ares dengan kekuatannya diyakini membantu prajurit Troya sehingga mengalami berbagai kemenangan.
    • Hermes : Sering disebut sebagai Dewa Keberuntungan dalam mitologi Yunani.ia juga diyakini sebagai Dewa Pelindung bagi kaum pedagang,serta Dewa Pengirim Berita,sedangkan dalam mitologi Romawi ia disebut sebagai Mercurius.ia merupakan dewa yang sangat terkenal karena kekuatan fisiknya.kebiasaannya bergerak atau berlari cepat karena harus menyampaikan pesan diyakini sebagai cikal bakal diadakannya lomba lari yang terus berlangsung hingga saat ini.
    • Hephaestus : Merupakan satu-satunya dewa yang berparas buruk.menurut lagenda itu dikarenakan ia pernah berselisih dengan Zeus sehingga dilempar ke Bumi hingga kakinya pincang.ia diyakini memiliki tempat kerja jauh didalam bumi,dan iapun menjadi penguasa api disana.
    • Aphrodite : disebut sebagai Dewi Cinta dan Kecantikan,yang dalam mitologi Romawi disebut Venus.ada dua pendapat mengenai mitos keberadaan Aphrodite.pertama:ia disebut sebagai putri Zeus dari pernikahannya dengan Dione.kedua:ia diyakini sebagai sosok yang lahir dari alat kelamin Uranus,sang Titan yang dikebiri oleh Cronus.pendapat kedua inilah yang paling terkenal.kecantikannya diyakini tidak ada tandingannya di dunia.
    • Athena : Diyakini sebagai Dewi Kerajinan Tangan,Dewi Ketrampilan Rumah Tangga dan Dewi Perang.menurut lagenda ia selalu muncul menggunakan baju baja.ia adalah anak Zeus yang dipercaya sebagai pembawa tameng dan halilintar.
    • Apollo : Dikenal sebagai Dewa Cahaya,Dewa musik,Dewa pemanah,Dewa pengobatan dan Penyair.merupakan anak Zeus dan Leto,yang termasuk saudara kembar Arthemis.menurut tokoh mitologi lainnya,Orakel Delphi,Apollo adalah salah satu Dewa terpenting di Gunung Olympus.
    • Arthemis : Saudara kembar Apollo yang merupakan Dewi Hutan dan Dewi Perbukitan,digambarkan sebagai sosok yang selalu membawa busus dan anak panah,yang memiliki ketrampilan memanah yang melebihi semua dewa di Gunung Olympus termasuk Apollo.
    • Demeter : merupakan Dewi kesuburan yang disebut sebut sebagai putri Kronos dan Rhea,yang sewaktu bayi pernah ditelan bulat-bulat oleh Kronos karena sifat paranoidnya.ia memiliki anak bernama Persefone yang menjadi istri Hades dan dianggap sebagai dewi yang melahirkan empat musim didunia.
    • Dionysus : Dikenal sebagai Bacchus,dalam mitologi Romawi dikenal sebagai Dewa Anggur(Arak).ia diasisiasikan sebagai Dewa Pesta, dan merupakan satu-satunya dewa yang memiliki orang tua dari bangsa manusia.


    Nurla Isna Aunillah (2011),Buku Pintar MITOLOGI DUNIA,Jogjakarta : FlashBooks

0 komentar:

Posting Komentar