Pengertian E-commerce
Electronic Commerce
(E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa
dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan
komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. e-Commerce
juga dapat didefinisikan sebagai suatu cara
berbelanja atau berdagang secara online atau
direct selling yang memanfaatkan fasilitas
Internet dimana terdapat website yang dapat
menyediakan layanan “get and deliver“.
Dalam
paper Analisis web ini kami akan membahas mengenai
tujuan,fungsi,sasaran,isi,apakah web tersebut menghasilkan dan cakupan dari web
tersebut.
Berikut adalah beberapa
web yang kami analisis:
Bejubel.com
Gambar 1 tampilan utama bejubel.com
Gambar 2 tampilan tombol cari bejubel.com
Untuk mempercepat dalam
proses pencarian produk yang kita inginkan kita bisa mengisi menu cari barang
seperti gambar diatas. Ketika ingin menjual barang tinggal klik jual barang
maka akan muncul form yang harus kita isi
misalnya:nama,lokasi,kategori,harga,deskripsi barang,dan gambar barang.setelah
itu barang yang kita jual akan muncul dikolom kategori yang kita inginkan.
Gambar 3 tampilan kategori bejubel.com
Selain
itu juga terdapat beberapa kategori untuk mempermudah dalam proses pencarian
barang,misal ketika meng- klik tombol elektronik maka akan muncul berbagai
macam daftar elektronik yang dijual di Indonesia,misal kamera.diasana kita bisa
memilih barang mana yang kita inginkan.
Dari keterangan diatas
maka dapat dianalisis sebagai berikut:
·
Apa tujuannya?
Sekarang mencari
maupun membeli barang keperluan kini semakin mudah dan menyenangkan karena
dapat dilakukan secara online.Jadi tujuan dari bejubel.com ini untuk
mempermudah kita dalam melakukan jual beli barang yang kita inginkan.
·
Apa fungsinya?
Dengan
adanya web ecommerce seperti bejubel.com,membantu kita dalam melakukan proses
transaksi. Mempermudah para seller Toko online untuk mempromosikan
barang-barangnya langsung ke sosial media seperti Facebook dan twitter,
yang tentunya akan dapat meningkatkan
penjualan. Untuk buyer, dapat memudahkan mencari barang yang diinginkan
berdasarkan proximity dengan
meng-klik ilustrasi peta yang ada pada halaman depan website bejubel.com.bahkan
bagi pelanggan yang masih baru jika mengalami kesulitan dalam berbelanja secara online,tidak
perlu khawatir karena Bejubel.com juga menyediakan tips seputar
jual beli secara online yang bisa ditemukan dalam blog
bejubel. Selain itu,akan sangat menguntungkan bagi penjual karena bisa
memasang iklan secara gratis.
·
Siapa sasarannya?
Bejubel.com kini sudah dapat ditemui pada sosial media antara
lain: Facebook Fan Page, Twitter, Kaskus, Koprol, dan Blogspot. Untuk menjadi
anggota bejubel.com bisa menggunakan akun Facebook atau Twitter,
Dalam blog bejubel semua produk
tersebar di penjuru Indonesia,jadi bisa diakses oleh masyarakat di
penjuru Indonesia.sasaran utama dari bejubel ini yaitu seller yang ingin
mempromosikan produknya dengan memasang iklan yang cukup menarik dan buyer yang
ingin membelibarang yang diinginkan.
·
Apa isinya?
Bejubel.com Merupakan
salah satu Toko Online yang menjual beragam produk dengan
kualitas tinggi, contoh barang yang bisa anda temukan disitus Bejubel.com
diantaranya adalah Produk elekrtonik, handphone, otomotif, properti, busana,
perlengkapan bayi, film, barang kerajinan, olahraga dan sampai dengan produk
jasa seperti info tempat liburan dan hiburan dll.
·
Apa menghasilkan?
Dalam
hal ini,bejubel.com sangat menghasilkan karena membantu seller dalam
mempromosikan produk mereka jual.dan untuk para buyer mempermudah mereka untuk
mencari barang yang diinginkan,karena dalam blog bejubel menyediakan menu kategori
supaya proses pencarian semakin cepat.
·
Bagaimana cakupannya?
Bejubel.com
mencakup seluruh Indonesia.
BursaBaju.com
Gambar 4 tampilan utama
BursaBaju.com
BursaBaju.com merupakan web ecommerce yang bergerak
dibidang penjualan baju dan accessories lainnya baik pria maupun wanita, dari
anak-anak hingga dewasa.selain itu disini juga terdapat berbagai macam produk
import seperti dress,baju atasan,tas dan masih banyak lagi.
Dari keterangan diatas
maka dapat dianalisis sebagai berikut:
·
Apa tujuannya?
Seperti
yang telah kita ketahui bahwa tujuan dari web ecommerce adalah mempermudah
pembeli untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan.sedangkan untuk seller sendiri
bertujuan agar produk yang dipasarkan bisa dilihat atau dikunjungi oleh banyak
orang.
·
Apa fungsinya?
Bagi
seller akan sangat menguntungkan karena produknya bisa dilihat lebih banyak
orang dibandingkan dengan penjualan biasa.karena dengan menggunakan media
internet,konsumen bisa berasal dari seluruh Indonesia,tidak hanya wilayah
sekitar toko atau kota sekitarnya saja.Untuk konsumen sendiri tidak perlu
repot-repot mencari toko yang menjual produk yang diinginkan dengan keliling
kota,cukup berada dirumah maka barang akan datang dengan sendirinya.
·
Siapa sasarannya?
Sasaran
dari BursaBaju.com ini adalah konsumen yang membutuhkan barang-barang berupa
tas,kacamata,baju,celana dan accessories lainnya.
·
Apa isinya?
Selain
baju dan aksesoris,BursaBaju.com juga menyediakan baju terusan,baju
wanita,jaket impor,celana jumpsuit,legging stoking,busana muslim,baju pria,baju
jas hujan anak,batik Indonesia,kaos kaki,tas impor,alat tulis,dll.
·
Apa menghasilkan?
Dalam
hal ini,BursaBaju.com lumayan menghasilkan,mengingat banyak konsumen yang
menginginkan barang-barang tersebut terlebih kaum hawa yang seringkali berminat
dengan berbelanja.
·
Bagaimana cakupannya?
BursaBaju.com
menerima orderan ke penjuru Indonesia,dengan ongkos pengiriman sesuai tempat
konsumen berada.
0 komentar:
Posting Komentar